Minggu, 18 Desember 2011

Sejarah Pendidikan Islam


SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Oleh Kholid Mawardi


Pengertian SPI
·         Pengertian Sejarah :
·         Etimologi : Syajarah ( bahasa Arab ), Tarikh ( bahasa Arab ), History ( bahasa Inggris ), Historia 
      ( latin ), Histor / Istor ( Yunani ).
·         Terminologi : Rekonstruksi pengalaman masa lalu manusia.
·         Sejarah Pendidikan Islam bermakna : Rekonstruksi masa lalu  komunitas Muslim dalam pendidikan.

Metode dan Objek SPI
·         Metode : Heuristik, kritik dan interpretasi.
·         Bahan utama dalam penulisan sejarah : Fakta ( statement tentang kejadian ); fakta keras dan fakta lunak.
·         Sumber : Ilahiyat dan Insaniyah.
·         Objek : Aktivitas umat Islam dalam bidang pendidikan sejak awal komunitas Muslim sampai saat ini.

Kegunaan SPI
·         Kegunaan Intrinsik : Sebagai ilmu, cara mengetahui masa lampau, peranyataan pendapat.
·         Kegunaan ekstrinsik : liberal education, pendidikan moral, pendidikan penalaran, pendidikan politik, pendidikan perubahan dan ilmu bantu.
·         Kegunaan SPI : Untuk memunculkan perspektif baru dalam paradigma pendidikan Islam.

Periodisasi SPI
·         Masa Klasik : Pendidikan Islam masa Nabi Muhammad, Khulafa al Rasyidun, Bani Umayah, Bani Abasiyah.
·         Masa kontemporer : Kemunduran pendidikan Islam dan pembaharuan pendidikan Islam.
·         Pendidikan Islam Indonesia Klasik : Masa awal Islam, pra dan pasca  kemerdekaan.
·         Pendidikan Islam Indonesia Kontemporer : Pendidikan Islam terpadu.

Pendidikan Islam Klasik Arab pra Islam
·         Sifat negatif : Sulit bersatu, gemar berperang, anak laki-laki adalah kehormatan dan perempuan adalah aib, tradisi balas dendam ( vendetta ), angkuh dan sombong, pemabuk dan penjudi.
·         Sifat Positif : Dermawan, pemberani, sabar, kesetiaan dan kejujuran, ketulusan dan berkata benar, hormat terhadap tamu.

Pendidikan Islam masa Nabi
·         Fase Mekah : Dengan pendekatan konfrontatif dan non konfrontaif, Materi pendidikan :  tauhid 
      ( I’tiqad Allah ), akhlak ( sifat terpuji dan tercela), Al Qur’an ( materi pokok).
·         Metode pengajaran tauhid : Tanya jawab, Metode pengajaran akhlak : qisah dan uswah hasanah, Metode pengajaran Al Qur’an : repetisi.

Pendidikan Islam masa Nabi
·         Fase Madinah : Materi pendidikan : pengajaran ukhuwah ( memupuk persatuan Ansor dan Muhajirin ), pengajaran ekonomi ( menggerakkan kerjasama bisnis ), pengajaran kesejahteraan sosial 
     ( sadaqah dan zakat ).
·         Institusi pendidikan Islam : Suffah, kuttab/maktab, halaqah, majlis, masjid, dan rumah.
·          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar