SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Oleh Kholid Mawardi
Pengertian SPI
·
Pengertian Sejarah :
·
Etimologi : Syajarah ( bahasa Arab ), Tarikh (
bahasa Arab ), History ( bahasa Inggris ), Historia
( latin ), Histor / Istor (
Yunani ).
·
Terminologi : Rekonstruksi pengalaman masa lalu
manusia.
·
Sejarah Pendidikan Islam bermakna : Rekonstruksi
masa lalu komunitas Muslim dalam
pendidikan.
Metode dan Objek SPI
·
Metode : Heuristik, kritik dan interpretasi.
·
Bahan utama dalam penulisan sejarah : Fakta (
statement tentang kejadian ); fakta keras dan fakta lunak.
·
Sumber : Ilahiyat dan Insaniyah.
·
Objek : Aktivitas umat Islam dalam bidang
pendidikan sejak awal komunitas Muslim sampai saat ini.
Kegunaan SPI
·
Kegunaan Intrinsik : Sebagai ilmu, cara
mengetahui masa lampau, peranyataan pendapat.
·
Kegunaan ekstrinsik : liberal education,
pendidikan moral, pendidikan penalaran, pendidikan politik, pendidikan
perubahan dan ilmu bantu.
·
Kegunaan SPI : Untuk memunculkan perspektif baru
dalam paradigma pendidikan Islam.
Periodisasi SPI
·
Masa Klasik : Pendidikan Islam masa Nabi
Muhammad, Khulafa al Rasyidun, Bani Umayah, Bani Abasiyah.
·
Masa kontemporer : Kemunduran pendidikan Islam
dan pembaharuan pendidikan Islam.
·
Pendidikan Islam Indonesia Klasik : Masa awal
Islam, pra dan pasca kemerdekaan.
·
Pendidikan Islam Indonesia Kontemporer :
Pendidikan Islam terpadu.
Pendidikan Islam Klasik Arab pra Islam
·
Sifat negatif : Sulit bersatu, gemar berperang,
anak laki-laki adalah kehormatan dan perempuan adalah aib, tradisi balas dendam
( vendetta ), angkuh dan sombong, pemabuk dan penjudi.
·
Sifat Positif : Dermawan, pemberani, sabar,
kesetiaan dan kejujuran, ketulusan dan berkata benar, hormat terhadap tamu.
Pendidikan Islam masa Nabi
·
Fase Mekah : Dengan pendekatan konfrontatif dan
non konfrontaif, Materi pendidikan : tauhid
( I’tiqad Allah ), akhlak ( sifat
terpuji dan tercela), Al Qur’an ( materi pokok).
·
Metode pengajaran tauhid : Tanya jawab, Metode
pengajaran akhlak : qisah dan uswah hasanah, Metode pengajaran Al Qur’an :
repetisi.
Pendidikan Islam masa Nabi
·
Fase Madinah : Materi pendidikan : pengajaran
ukhuwah ( memupuk persatuan Ansor dan Muhajirin ), pengajaran ekonomi (
menggerakkan kerjasama bisnis ), pengajaran kesejahteraan sosial
( sadaqah dan
zakat ).
·
Institusi pendidikan Islam : Suffah,
kuttab/maktab, halaqah, majlis, masjid, dan rumah.
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar